Selasa, 07 Mei 2013

Terminologi Cocoa, Kakao & Coklat

Tanaman Kakao merupakan tanaman yang sangat ideal untuk tumbuh dan dibudidayakan hampir di seluruh belahan nusantara tercinta ini. Sampai dengan saat ini Indonesia menempati urutan ketiga sebagai produsen kakao dunia dengan produksi rata-rata per bulan mencapai 67.000 MT. Sementara produksi kakao urutan pertama dan kedua masih ditempati oleh negara Ivory Koast dan Ghana. Namun kedua negara ini memiliki isu tenaga kerja yang pelik dan juga kebijakan pemerintah yang rumit terhadap perdagangan kakao. Sehingga ada potensi kedepan Indonesia akan memimpin dalam hal produksi seiring keseriusan pemerintah dan dunia usaha dalam pengembangan kakao.

Meskipun Indonesia sebagai penghasil nomor tiga kakao dunia namun masih banyak yang belum dapat membedakan penyebutan atau terminologi terhadap Cocoa, Kakao dan Coklat. Umumnya kita mengeneralkan penyebutan "Coklat" untuk semua tahapan kakao teresebut. Namun sebenarnya ada perbedaan mendasar terhadap penyebutan Cocoa, Kakao dan Coklat. Perbedaan tersebut yaitu:

COCOA
Cocoa adalah penyebutan saat  kita berbicara tentang kakao secara keseluruhan baik budidaya, panen, proses pengolahan, pemasaran, pengolahan menjadi  finis product dan sampai di tangan konsumen.


KAKAO
Kakao adalah penyebutan saat kita berbicara dari sisi budidaya, proses supply chain perdagangan biji kakao dipasaran domestik dan international yang masih dalam bentuk bahan mentah (raw material).


COKLAT
Coklat adalah penyebutan terhadap hasil akhir (Finish Product) siap untuk dikosumsi yang dihasilkan dari biji kakao.


Semoga bermanfaat!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar