Kamis, 19 April 2012

Produser Kopi Gayo Ikut Pameran Kopi Dunia

Serambi - Takengon: Beberapa koperasi asal dataran tanah tinggi Gayo, akan mengikuti pameran kopi terbesar di dunia yang akan diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of America (SCAA) di Oregon Convention Center, Portland, Oregon, Amerika Serikat. Pameran ini akan diadakan selama 3 hari (19-21 April) 2012.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Kopi Fair Trade Asia Pasifik, Mustawalad melalui siaran pers yang diterima Serambi Senin (16/4). Disebutkan, agenda SCAA sendiri seperti pameran kopi dan pameran peralatan yang berhubungan dengan kopi, Symposium serta Barista. “Rencananya produser kopi dari Gayo akan membuka 2 booth (stand). Stand untuk pasar International dan stand untuk pasar Amerika,” kata Mustawalad.

Menurutnya untuk pasar Amerika di bantu oleh FairTrade USA akan dikoordinir oleh Armiya dan tiga koperasi yaitu APKO dan GLOC serta Permata Gayo. Sedangkan untuk pasar International kata Mustawalad, Fair Trade International yang akan mengkoordinirnya. “Sampel untuk pameran ini berasal dari koperasi-koperasi yang telah memiliki sertifikat Fair Trade dan Organik seperti, Ketiara, Adil Wiladah Mabrur, Kopi Gayo Organik (KKGO), Bies Utama, Sara Ate, Arinagata, Askogo, Tunas Indah, Asosiasi Petani Kopi Organik (APKO), Gayo Linge Organic Coffee (GLOC), Gayo Mandiri, Permata Gayo,” rinci Mustawalad.

Lebih lanjut disampaikan, untuk pasar Amerika produser kopi Gayo akan membuka stand bersama dengan stand Fair Trade USA. Dan untuk pasar yang lebih luas seperti Eropa, Asia dan Amerika sendiri stand kopi Gayo bersama dengan Fair Trade International dan lokasi kedua stand ini tidak terlalu berjauhan. “Pameran kopi terbesar ini juga akan dihadiri oleh eksportir Kopi Gayos seperti dari CV. Ujang Jaya, GLOC dan Permata Gayo,” ungkap Mustawalad lebih jauh.

Dikatakan, untuk tahun 2012 ini yang ikut secara langsung dalam pameran ini adalah Iwan Rahmat dari APKO, Shalat dan Aulian dadari GLOC, serta Armiya dari Permata Gayo dan salah seorang utusan dari Asosiasi Producers Fair Trade Indonesia dan Forum Kopi Fair Trade Asia Pasifik. “Bagi produser kopi Gayo ini merupakan kesempatan yang sangat penting karena Amerika merupakan pasar utama dari kopi Gayo. Pada tahun 2010 kopi Gayo yang bersertifikat Fair Trade dan Organik menempati urutan kopi keempat yang dijual di pasarAmerika,” jelas Mustawalad.

Ditambahkan Mustawalad, dalam pameran kopi ini petani atau produser kopi dapat bertatap langsung dengan penikmat kopi mereka yang sebelumnya telah membeli kopi dari importir di Amerika.”Harapan kita melalui kegiatan ini dapat membuka lebih luas akses pasar untuk kopi Gayo. Baik itu di Amerika Serikat dan Negara Erofa serta pasar baru di Asia,”imbuh Mustawalad sembari menyebutkan usai acara pameran ini beberapa perwakilan koperasi akan melanjutkan lawatannya ke Kanada serta beberapa Negara Eropa seperti Swiss, menjajaki pemasaran kopi gayo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar