Selasa, 20 Maret 2012

Kopi Arabika Gayo Sedang Panen



Saat ini kopi arabika di Gayo sudah memasuki musim panen untuk fase ke II. Memasuki panen saat ini harga kopi Arabika mengalami penururunan dan yang sangat signifikan. Satu bulan yang lalu harga kopi arabika di lapangan untuk kopi Grade 1 Rp. 64.000/ kg, Asalan Rp. 60.000/ kg, Gabah kering Rp. 32.000 / Bambu (1,2 Kg) dan Gelondong 12.000/ Bambu (1,2 Kg). Untuk saat ini harga turun menjadi untuk Grade 1 Rp. 56.000, Asalan 52.000 / Kg, Gabah Kering Rp. 24.000 / Bambu dan gelondong Rp. 7.000 / Bambu.

Penurunan harga ini diakibatkan oleh krisis finansial di Amerika dan Eropa serta kopi Brazil akan memasuki masa panen. Tren pergerakan naik turun harga kopi arabika dalam 3 minggu ini sangat dinamis, saat turun sangat drastir namun untuk naik sangat pelan. Menurut analisis dari analis vibiznew, tren pergerakan kopi arabika cendrung akan menurun. Bila terjadi kenaikan tidak akan signifikan tetapi saat turun akan sangat berdampak pada harga di lapangan.

Musim panen kopi arabika di tanah gayo sendiri diperkiranakan berlangsung dari pertengahan Februari sampai Juni 2012. Pada daerah dataran yang sedikit rendah panen kopi akan berakhir pada bulan April, sedangkan untuk dataran yang lebih tinggi diperkirakan panen di akhir April sampai Juni.

Untuk kualitas biji kopi yang dihasilkan penen musim ini terjadi perbaikan kualitas kopi yang signifikan, sedangkan untuk kuantitas pada beberapa daerah terjadi penurunan sedangkan di daerah lain terjadi kenaikan. Secara keseluruhannya untuk kualitas terjadi peningkatan, sedangkan untuk kuantitas terjadi penurunan yang diperkirakan sekitar 30 % dibanding dengan musim pertama bulan Agustus-Desember 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar